Strategi SEO Menggunakan TLD

Strategi backlink dalam SEO bervariasi tergantung goal apa yang ingin dicapai. Namun dari sekian banyak strategi yang pernah anda dengar, salah satu yang sangat digemari adalah penggunaan Top Level Domain (TLD) sebagai penyumbang faktor kesuksesan sebuah kampanye SEO dapat berjalan lancar.

Kenali lebih dalam tentang TLD dan kaitannya dengan backlink.

TLD adalah alamat URL, bisa berupa alamatblog.com, institusi.ac.id, kantorwalikota.gov, satpamkeren.mil, lembaga.org dan lain sebagainya. Setiap akhiran pada domain ini disebut sebagai TLD, semakin banyak Top Level Domain yang memberikan backlink kepada website utama kita, maka semakin besar kemungkinan kesuksesan kampanye SEO tersebut.

Lalu apakah hanya dengan membuat Top Level Domain banyak akan semudah itu mendukung kesuksesan kampanye seo kita? Tidak, banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan Top Level Domain sebagai sumber backlink. Beberapa hal tersebut antara lain :

Domain Age / Usia Domain

Semakin lama sebuah domain tersebut ada di jagad maya, maka akan semakin meningkatkan skor kesuksesan kampanye SEO yang kita kerjakan. Banyak hal bisa dilakukan untuk memeriksa usia sebuah domain. Salah satunya adalah menggunakan tool gratisan dari situs smallseotools.com/domain-age-checker/.

Lokalisasi domain dan server

Dikarenakan update yang terjadi pada bulan november 2016 lalu, kini google mementingkan hasil pencarian berdasarkan website yang memiliki identitas IP lokal. Itu berarti domain .co.id atau domain id akan lebih memberikan pengaruh terhadap kesuksesan kampanye SEO anda.

Ditambah dengan apabila lokasi hosting domain anda juga berada dinegara yang sama. Hal ini akan menambah kecepatan akses dan meningkatkan user experience terhadap situs anda.

Page Rank Alexa

Masih banyak desas desus Page Rank Alexa menjadi acuan bagi seseorang dalam memilih Top Level Domain. Terkait ini, tim teknis kami masih menguji dan mengumpulkan data yang valid. Sedangkan Page Rank erat kaitannya dengan Page Athority dan Domain Authority sebuah website. Maka dari itu, kami meletakan page rank pada urutan terakhir dari faktor yang paling berpengaruh terhadap pemilihan Top Level Domain anda.

Kesemuanya bisa dikemas menjadi strategi yang baik tergantung kebutuhan anda dalam membangun backlink. Tidak semua harus dipakai, namun kesemuanya bisa dikombinasikan dengan proporsi yang sesuai budget, strategi dan kemampuan dari masing-masing pelaku SEO.

1 Comment
  1. Reply
    Charles Kat September 26, 2017 at 5:16 pm

    Yes I Agree, you better use TLD for supporting your SEO Campaign, would be better if you have TLD from same country such .co.uk, edu.uk (if you stay in UK in this case, like I did)

Leave a reply

Login/Register access is temporary disabled