Private Blog Networking Dalam SEO

Strategi terbaik untuk mendatangkan good quality backlink melalui Private Blog Networking.

Pertanyaan “Apa itu PBN dan mengapa sangat penting dalam SEO?”. Dalam beberapa artikel dibelakang, kami telah menyebutkan Teknik Search Engine Optimization bisa dilakukan dengan mendatangkan tautan balik atau backlink. Dan salah satu metode terbaik untuk mendatangkan backlink tersebut adalah melalui Private Blog Networking.

Private Blog Network (PBN) adalah jaringan blog yang sengaja kita susun untuk membentuk sebuah pola, dimana dalam setiap blog nantinya akan kita letakan tautan balik atau backlink menuju situs kita atau situs client. PBN sebagaimana namanya “private blog” nantinya akan di isi dengan berbagai macam konten yang se niche dengan money site.

Pengisian konten yang se niche ini tentu bertujuan agar link yang masuk kedalam situs kita, memiliki keterkaitan yang erat, sehingga baik menurut robot crawl ataupun menurut orang yang membaca, merasa bahwa website kita mendapat “dukungan” yang kuat dengan memberikan informasi yang benar-benar valid dari sumbernya. Sehingga cukup jelas bukan, apa efek yang diberikan oleh PBN dalam menentukan cepat atau tidaknya sebuah website untuk masuk di SERP?

Kredibilitas PBN dalam mendongkrak SEO – sebuah hubungan

Beberapa kali kami sempat melakukan uji coba kaitannya sebuah Page Authority dan Domain Authority terhadap kenaikan sebuah kata kunci di SERP. Kembali kami mendapati bahwa sebuah Private Blog Network yang memiliki PA/DA tinggi pun memberikan pengaruh yang signifikan terhadap percepatan kenaikan kata kunci di SERP.

Dalam sebuah kasus yang kami lakukan untuk sebuah website, terlihat di bulan pertama dan kedua kata kunci A, belum masuk kedalam urutan top 100 SERP, sehingga kami melakukan akusisi terhadap sebuah PBN yang memiliki PA 48 dan DA 30, lalu melakukan sedikit optimasi didalam PBN tersebut dan menanamkan backlink. Di bulan berikutnya, kata kunci tersebut naik secara signifikan hampir 170 peringkat keatas.

Dan efek ini berlaku untuk empat client yang sedang kami tangani. Berbekal data ini, kami tidak perlu memberikan asumsi lagi bahwa ini hanya sekedar teori yang mendukung.

Apakah PBN harus merupakan TLD dan berhosting?

Private Blog Networking tidak mesti harus memesan domain dan hosting, kadang kala kita bisa membuat PBN hanya menggunakan popular sub domain seperti blogspot.com, wordpress.com atau web 2.0 lainnya. Kami melakukan uji coba juga terhadap beberapa client yang kami tangani, hanya menggunakan 7 PBN dengan domain blogspot.com dan Web 2.0, kami berhasil menempatkan website client bertengger di urutan ke 8 untuk kata kunci dengan kompetisi hampir 1 juta hasil pencarian.

Tentu blogspot dan web 2.0 yang kami gunakan tidak sembarangan, terdapat beberapa syarat dan strategi yang kami kemas.

Dari pemaparan diatas, tentu kita sudah mengetahui secara jelas apa peran dari private blog networking dalam SEO, bukan begitu.

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Login/Register access is temporary disabled