Ransomware bernama Wannacrypt dan efeknya terhadap PC anda

Tanggal 13 Mei 2017, pemerintah inggris secara resmi mengeluarkan pernyataan terkait serangan Ransomware yang menjangkit hampir 100 negara diseluruh dunia. Menteri Dalam Negeri Amber Ruud melaporkan serangan WannaCry terparah terjadi di Inggris. Badan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) melaporkan 45 fasilitas kesehatan di negeri tersebut mendapat serangan serentak., beberapa rumah sakit bahkan harus membatalkan pelayanan kesehatan terhadap pasien.

Mengapa hal tersebut bisa sampai heboh? Ternyata efek yang dihasilkan dari serangan ransomware ini adalah pengambil alihan data. Data tersebut diambil dari PC dan server yang terjangkit oleh Ransomeware, dan jika pemilik data ingin data tersebut dikembalikan, maka pelaku meminta tebusan sejumlah uang dan ini tergolong aksi terorisme syber.

Lalu bagaimana cara menyelesaikan serangan ransomeware tersebut?

Wannacry hanya menyerang PC yang terjangkit, penjangkitan bisa dimulai ketika kita membuka sebuah file yang terjangkit malware, kemudian ia bekerja secara online untuk mengambil data anda. Oleh sebab itu, Lakukan hal berikut ini :

  1. Lakukan download software mcafee stinger yang terbaru menggunakan PC yang belum terjangkit. Download bisa anda akses disini.
  2. Matikan Akses internet anda, lakukan scan menyeluruh terhadap semua file sistem dan drive.
  3. Setelah scan selesai, lakukan backup semua file penting anda, kedalam hardisk external.
  4. Aktivkan kembali akses internet anda, lakukan update window, pilih update terbaru window malicious software.
  5. Jalankan update dan tunggu hingga proses selesai.

Window update patch terbaru ini sudah dilengkapi dengan beberapa tambahan untuk mendeteksi apakah masih ada residu Ransomware Wannacrypt yang tersembunyi dalam sistem anda. Ketika terdeteksi, update akan secara otomatis melakukan karantina atau menghapus file system yang terjangkit.

Proses Pencegahan Pasca Update Security Window

Serangan ini disinyalir akan terus terjadi kedepannya, oleh sebab itu penting bagi kita melakukan pencegahan setelah membersihkan sistem. Cara-cara pencegahan yang terbaik adalah sebagai berikut :

  1. Jangan pernah membuka file yang dicurigai terjangkit malware. Untuk mengindikasi file terjangkit, bisa anda baca pada artikel berikut ini.
  2. Selalu lakukan update untuk antivirus dan window firewall anda. Jika anda termasuk orang yang aktif menggunakan internet melalui PC, sebaiknya gunakan antivirus yang menyertakan proteksi untuk browsing internet sekaligus. Contohnya Kaspersky Internet Security, NOD32 internet security dsb.
  3. Jangan pernah mengakses email yang anda tidak kenal pengirimnya, konfirmasi terlebih dahulu kepada pengirim apa isi file tersebut jika memang butuh.

Kiranya cara-cara diatas cukup untuk mencegah agar Ransomware wannacry tidak menyebar lebih parah dan merugikan banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *