Editor choice

Konten Yang Baik Untuk Onpage Optimization

Konten yang baik, akan memberikan dampak yang baik pula

Dalam melakukan onpage optimization, salah satu poin terpentingnya adalah membuat kontent yang baik. Tentu banyak sekali informasi yang simpang siur terkait bagaimana sebaiknya sebuah konten memenuhi kriteria “baik”, ada yang mengatakan bahwa panjangnya harus sekian ribu karakter, harus ada ini, harus ada itu dan sebagainya. Untuk menentukan bagaimana sebuah konten yang baik, kami akan bertanya kembali kepada anda “apakah anda menikmati membaca sebuah artikel sehingga anda paham maksudnya?” jika anda menjawab “YA” tandanya anda baru saja membaca sebuah konten yang baik.

Baca : Tahapan Onpage Optimizaiton Yang Benar

Sebuah artikel terutama yang berkaitan dengan SEO tentu akan berbeda ditiap projectnya. Namun secara keseluruhan, semuanya menerapkan metode yang sama dan mengacu pada prinsip-prinsip dibawah ini.

Panjang Kata dalam sebuah artikel

Ada yang berpendapat bahwa artikel harus 1000 kata, apakah benar? Kami membuat sebuah artikel dengan panjang hanya setengahnya dan artikel tersebut berhasil masuk kedalam urutan top 10 SERP tanpa ada 1 backlink pun yang kami tanam kedalamnya, ajaib? tidak!

Ketika anda memutuskan untuk membuat sebuah artikel, tidak perlu terpaku seberapa panjang artikel tersebut selama maksud dari tulisan tersebut sampai kepada pembaca secara tuntas, tak terpotong potong. Jika melalui artikel dengan panjang 400 kata mampu menyampaikan informasi, mengapa harus repot membuat nya panjang?

Fokuskan artikel tersebut

Banyak artikel yang masuk kedalam urutan top 10 merupakan artikel yang membahas sesuatu secara mendalam. Sehingga penting bagi penulis atau pembuat konten agar fokus terhadap hal yang dibahas dan jangan bertele tele. Salah satu point penting dalam kualitas konten SEO adalah bounce rate.

Baca Apa Itu Bounce Rate dalam SEO

Ketika anda mampu menjaga Bounce Rate sebuah konten dibawah 10%, maka dipastikan website anda akan dengan mudah masuk dalam urutan top 10. Karena semakin lama orang berada didalam website anda, berarti besar kemungkinan menurut robot crawl, website anda menyediakan informasi yang benar-benar sangat penting atau menarik yang membuat orang betah berada didalamnya.

Usahakan Menggunakan Media Tambahan yang Original

Walau memang sulit untuk mendapatkan gambar atau membuat video, tapi usahakan menggunakan gambar yang belum pernah dipublikasikan oleh orang lain di mesin pencari. Dengan menambahkan gambar atau video yang original, hal ini memberikan pengetahuan bahwa “mungkin” website anda bisa memberikan konten yang lebih baik daripada konten perbandingan.

Usahakan Membuat Konten yang layak dilihat orang, bukan layak dilihat mesin

Konten yang baik pun sebaiknya mengalir secara alami dari lubuk hati anda yang terdalam, ingat saat ini mesin pencari sudah mulai selektif dalam memuat konten di SERP terkait banyaknya duplikasi yang dilakukan oleh beberapa oknum yang memanfaatkan blog dummy untuk menaikan skor SEO mereka.

Ditambah ketika anda benar benar meletakan hati anda pada konten, orang secara natural pun akan merespon artikel atau konten yang anda buat dan ketika dirasa oleh mereka konten tersebut “bagus” atau “baik” maka dengan sendirinya, anda sudah memiliki nilai tambahan untuk meningkatkan popularitas di SERP. Selamat menulis.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Login/Register access is temporary disabled