Faktanya: Kesuksesan Pakar SEO di Dunia Didukung Oleh Kelima Tools ini

Tak bisa dipungkiri, SEO menjadi tantangan baru yang butuh banyak strategi dilakukan didalamnya jika kita tetap ingin memenangkan persaingan. Semakin tahun, tantangan persaingan SEO semakin besar dengan munculnya berbagai macam konten yang lebih fresh, original dan lebih menarik untuk dibaca. Lalu bagaimanakah bagi para pelaku SEO bisa bertahan?

Untuk bisa memenangkan persaingan SEO di tahun 2018 ini, sepertinya para pelaku SEO butuh melakukan analisa lebih dalam terkait strategi yang akan mereka gunakan. Untuk melakukan analisa ini dibutuhkan studi dengan bantuan beberapa alat tambahan untuk mendukung hipotesa-hipotesa yang akan muncul. Tools tambahan yang biasa kami gunakan terbukti mampu menambah kuat dugaan dan mendukung perbaikan-perbaikan terhadap kesalahan kampanye seo sehingga project SEO kami tetap berjalan pada tempatnya.

Dari sekian banyak tools yang tersedia, berikut adalah 5 tools yang kami rekomendasikan untuk membantu kesuksesan kampanye SEO anda di tahun 2018. note: beberapa ada yang bisa anda gunakan secara gratis dan juga ada yang harus berbayar, sebaiknya siapkan budget anda ya.

Google Search Console dan Google Analytics

Google menjadi salah satu Search Engine dengan pengguna terbesar di seluruh dunia, maka tidak heran mereka menyediakan berbagai macam tool tambahan bagi siapapun yang menggunakan jasa mereka untuk dimanfaatkan dengan berbagai strategi internet marketing. Dan untuk SEO sendiri, google menyediakan dua platform yang bisa dimanfaatkan antara lain Google Search Console (dulunya bernama google webmaster tools) dan Google Analytics.

Google Search Console

Tools ini bisa membantu para praktisi di bidang internet marketing untuk menganalisa darimana sumber traffic yang datang ke website kita. Dari search console ini, tentu kita bisa mendapatkan ide Turunan Keyword apa yang bisa digunakan untuk mendatangkan traffic di kemudian hari.

Google Analytics

Tools ini bisa membantu kita memahami sifat siapa yang paling sering mengunjungi website kita, seperti dari daerah mana saja, pada jam berapa saja. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan data yang bisa dimanfaatkan ketika hendak melakukan sebuah promosi.

SEMrush Dan Keyword Planner

Anda  boleh memilih menggunakan SEMRush atau keyword planner. Intinya dua platform ini membantu kita dalam melakukan analisa kata kunci yang hendak digunakan sebagai bagian dari kampanye SEO.

Baca bagaimana Memeriksa Posisi Kata Kunci Website di SERP

Kami sendiri menggunakan SEMRush untuk melakukan analisa kata kunci beserta dengan tingkat kompetisinya secara akurat. Untuk memiliki tools ini memang anda butuh merogoh kocek karena tools ini diperuntukan secara premium alias berbayar.

Raven SEO Tools

Salah satu tools favorit kami untuk melakukan analisa kampanye SEO secara keseluruhan adalah raventools.com. Tools ini memiliki kelebihan untuk melakukan internal auditor seperti page speed, keyword analysis hingga ke pelaporan yang interaktif.

Jika anda berniat mengerjakan kampanye SEO untuk berbagai macam client, maka raven SEO tools merupakan rekomendasi yang tepat untuk anda.

ScreamingFrog

Berbicara tentang monitor bot crawl, maka ScreamingFrog menjadi andalan kami. Software ini mampu menelusuri situs layaknya robot crawl. Dengan bantuan tools ini, kami mampu menentukan bentuk link building, strategi link building kompetitor dan mencari dimana link yang tidak berfungsi.

Ahrefs Untuk Analisis Backlink

Dan untuk mengetahui backlink mana yang memberikan pengaruh terhadap kesuksesan kampanye SEO, maka tidak ada tools yang bisa memberikan hasil akurat daripada ahrefs. Dengan algoritma yang lebih terdepan, ahref menjadi tools terbaik dalam menelusuri dari mana datangnya backlink yang mendukung kesuksesan kampanye seo anda, atau mungkin kampanye SEO kompetitor anda.

Pilihan anda jatuh kemana?

Tools diatas memang sangat baik dalam memberikan efek terhadap kesuksesan sebagian besar kampanye seo yang kami jalankan. Namun tidak semuanya harus anda beli, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terlalu membengkak di bagian anggaran. Selamat bersaing di era digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *