Sudah mendekati penghujung tahun 2017 dan itu tandanya tantangan baru terkait teknik SEO di 2018 menjadi pertanyaan besar. Beberapa waktu belakangan, kami dan tim analisa targettopten.id bersama-sama merundingkan hal-hal apa yang akan terjadi di tahun mendatang terkait Search Engine Optimization.

Teknik SEO memang sama, namun strateginya yang harus anda ubah

Dari tahun ke tahun, perkembangan algoritma robot crawl menjadi tolok ukur para Internet Marketing yang khusus menggaris bawahi masalah SEO. Berbagai macam strategi dirancang guna mendukung suksesnya kampanye, dari mulai onpage optimization yang sesuai aturan, menghilangkan negatif keyword hingga mencari backlink.

Namun dari sekian banyak strategi yang disusun, kebanyakan masih menggunakan teknik-teknik SEO yang dianggap “old school” oleh para ahli internet marketing dunia. Strategi tersebut sudah tidak memberikan sumbangsih yang sangat besar terhadap suksesnya kampanye SEO. Dan melalui artikel berikut ini, kami akan menyajikan 6 teknik SEO yang tidak berlaku di tahun 2018.

Stop Hanya Menggunakan Satu Kata Kunci di tiap paragraf

Dalam membuat konten tulisan, kami sering mendapati beberapa artikel hanya menempatkan satu kata kunci yang ditargetkan pada beberapa bagian paragraf. Tentu hal ini akan memancing kecurigaan dari crawl bot, menganggap konten anda sebagai “low quality content”.

Baca Konten Yang Baik Untuk Onpage Optimization

Riset kami menunjukan bahwa sebuah artikel yang ditulis dengan kaidah yang enak dibaca secara sistematis dan meletakan kata-kata yang berkaitan dengan kata kunci lebih disukai oleh crawl bot dan pembaca atau bisa dikategorikan sebagai relevant.

Backlink dari Forum Signature atau Footer Website

Menempatkan backlink pada bagian bawah website atau signature forum memang bisa mendatangkan backlink yang banyak, namun hal ini hanya berlaku untuk strategi SEO sebelum era panda. Karena pada era penguin, robot crawl mengeliminir backlink yang hanya bersumber dari satu tempat dengan konten yang minim.

Baca Strategi Backlink Yang Efektif

Backlink dengan sumber yang memiliki PA/DA diatas 20 dengan konten yang kuat, merupakan rekomendasi terbaik kami untuk mendatangkan High Quality Backlink.

Private Blog Network dengan TLD yang sama

Walau masih dalam perdebatan, mendatangkan backlink dari PBN dengan TLD yang sama ternyata tidak memberikan efektifitas terhadap kesuksesan kampanye SEO. Beberapa studi kasus kami bahkan menunjukan data yang valid terhadap teori ini.

Baca Private Blog Networking Dalam SEO

Untuk menyelesaikan masalah ini, beberapa pakar SEO menggunakan jasa hosting yang berbeda-beda IP nya untuk membuat seolah-olah PBN tersebut adalah sebuah blog yang terpisah dan memiliki kekuatan tersendiri. Dengan begitu memudahkan membangun link building yang lebih terpercaya.

Blog Commenting Secara Brutal

Blog commenting menjadi salah satu andalan para pelaku SEO pemula yang masih kesulitan membeli TLD dan PBN dalam strategi SEO mereka. Sehingga sering kali kami menemukan blog yang memiliki traffic tinggi dibanjiri oleh komentar berisi link link yang tidak ada sangkut pautnya dengan isi blog tersebut.

Sayangnya anda tidak bisa melakukan hal ini dengan SEO di tahun 2018. Blog commenting secara brutal ini telah mendapatkan penalti dari sisi Page Authority. Sehingga banyak pemilik blog mengunci bagian komentar atau menggantinya dengan 3rd party commenting plugin untuk mengurangi komentar sampah dalam blog mereka.

Guest Posting yang bersifat promosi

Di tahun 2017 beberapa situs membuka kesempatan bagi para kontributor dalam membuat konten yang bisa menjaring banyak visitor. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para white hat SEO dalam menanamkan backlink melalui strategi Guest Posting.

Sayangnya kebijakan google yang terbaru menyatakan bahwa guest posting yang terkesan seperti promosi terhadap sebuah website merupakan pelanggaran kebijakan. Karena bisa jadi konten yang dibuat dalam website tersebut merupakan hasil “membayar” pemilik website untuk meletakan link didalam artikelnya.

Link Exchange antar pemilik blog

Yang terakhir terkait strategi SEO yang tidak efektif ditahun 2018 adalah link exchange antar pemilik blog. Link Exchange sendiri sudah ditinggalkan oleh para pelaku SEO professional karena memang dampak yang dirasakan oleh strategi ini nyaris tak ada.

Dari ke enam strategi SEO tahun 2017 diatas, mana yang masih anda gunakan hingga saat ini? kami sarankan mulai tahun 2018 nanti, anda sudah mengantungi berbagai macam strategi yang bisa anda gunakan untuk mendukung tercapainya KPI strategi SEO anda. Jika anda mengalami kesulitan dalam menentukan strateginya, mengapa tidak mencoba bergabung dengan mail list kami, karena akan selalu ada update terkait strategi yang bisa anda gunakan.

2 Thoughts on “6 Teknik SEO yang tidak berlaku di 2018”

  • salam sukses
    Jika dalam artikel terdapat komentar yang tidak ada hubungan dengan artikel, apakah perlu dihapus ataukah biarkan dalam komentar yg di moderasi ?
    Karena saya pernah membaca jika dihapus akan terjadi error di search console. Apakah benar demikian ?

    • Sebuah komentar yang masih dalam status moderasi (belum di approve) tidak akan mempengaruhi search console, jadi tidak masalah untuk dihapus. Sedangkan komentar yang sudah di approve kemudian di hapus, ini yang akan mengakibatkan error di search console, dianggap sebagai missing content. demikian, salam sukses juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *